Something to Share With…

just from a learner who still in the learning stage…

KALAH

Posted by Ismadi Santoso on June 21, 2007

Ketika aku merasa kalah, benarkah sesungguhnya aku telah kalah? Sebenarnya apakah hakikat kalah itu sehingga seseorang yakin bahwa dirinya telah kalah?

Itulah pertanyaan yang sering aku ulangi dalam hidupku ketika aku merasa kalah. Tetapi benarkah aku telah kalah? Benarkah mereka yang aku anggap menang telah menang? Lalu apakah yang sebenarnya disebut menang itu?

Akupun mulai membaca tentang kemenangan dan kekalahan di dunia ini dalam berbagai ragam situasi, dan akhirnya menyimpulkan:

Ketika kau masih bertemu pagi, Madi
Dan kau putuskan untuk berdiri menghadapi
Berjuang sepenuh hati di jalan Ilahi
Bukan demi dirimu sendiri
Maka saat itu, Madi
Kau telah mengakhiri hari
Dengan satu lagi kemenangan sejati

Aku pun terpekur dalam dan mengerti, bahwa sesungguhnya aku tak pernah benar-benar kalah, meski mungkin belum sampai pada menang.

Subhanallah, Walhamdulillah, Walaailaahaillallah, Wallahuakbar, Rabbigfirlii.
Hasbunallah wanni’mal wakiil.

Leave a Reply

 
